beranda

Selasa, 10 Agustus 2010

Mobil Hijau untuk Kota Bersih dan Sehat


Kesadaran akan pentingnya lingkungan yang bersih dan sehat mulai meluas.  Salah satunya ditunjukkan oleh Solidaritas Istri Indonesia Bersatu (SIKIB). Beberapa waktu lalu mereka meluncurkan ‘Mobil Hijau’ di Jakarta.
Mobil Hijau merupakan paket mobil untuk melatih masyarakat menjaga dan melestarikan lingkungan. Mobil ini dilengkapi dengan berbagai peralatan teknis seperti alat penyuling air, peralatan pembuat biopori, perangkat komputer, dan buku-buku mengenai lingkungan hidup.

Di bagian dalam sisi sebelah kanan, ada bahan peraga pertanian berupa benih, pupuk organik, dan tanaman mini. Di sisi kiri, terdapat peralatan komposter sampah dan macam-macam mainan anak. Sementara di bagian belakang tersusun rapi buku-buku pustaka, juga beragam produk hasil daur ulang sampah kertas dan plastik.
Ada juga brosur-brosur tentang petunjuk praktis atau teknologi sederhana pengelolaan lingkungan hidup. Misalnya, mengenal produk berbahaya dan beracun di sekeliling rumah, mengenal pertanian organik, dan cara mudah menjernihkan air.
Karenanya mobil  ini memang berbeda dengan konsep mobil hijau yang sebenarnya. Mobil hijau yang sebenarnya adalah mobil yang ramah lingkungan. Namun ‘Mobil Hijau’ ini mobil yang didisain khusus sebagai ‘sekolah’ lingkungan.

Dengan fungsi tersebut, Mobil Hijau akan mengunjungi pinggiran-pinggiran kota guna memberikan informasi yang lengkap kepada masyarakat tentang berbagai hal menyangkut lingkungan, termasuk bagaimana perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).
Mobil ini dilengkapi dengan operator terlatih yang mampu menjelaskan berbagai alat peraga di dalamnya dan bagaimana memelihara lingkungan. Secara khusus mereka diminta berbaur dengan anak-anak dan kelompok perempuan, dua komunitas yang menjadi rekan Mobil Hijau. Di sana mereka akan ‘menetap’ selama dua bulan dan kemudian akan berpindah ke lokasi yang berbeda.
Saat ini Mobil Hijau baru bisa mengunjungi kota-kota besar di Indonesia. Harapannya, nanti Mobil Hijau bisa menyebar luas di seluruh Indonesia. SIKIB yang diketuai Ani Yudhoyono berharap kalangan swasta ikut membantu pengadaan Mobil Hijau ini dengan menggunakan dana CSR-nya. MJ

sumber : sanitasi.or.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar